Saturday, August 28, 2010

Suku Maya Misterius !





Sumber dihasilkan dg mengumpulkan beberapa artikel. Nisa browsing di dunia maya. Namun tetap masih penasaran.

Suku bangsa Maya, merupakan salah satu suku paling terkenal sekaligus misterius di dunia. Mereka terkenal karena memiliki kebudayaan tinggi dan mewariskan bangunan-bangunan megah seperti house of the dove (rumah merpati) di kawasan mesoamerika. Menurut kisah, suku maya ini dianggap misterius loh. Hmm . . .

Suku Maya saat ini sudah hilang dr peradaban. Kemana hilangnya suku ini ?
Menurut para peneliti dari Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, AS, seperti dikutip dari livescience, suku ini mungkin punah karena perubahan iklim. Kesimpulan ini didapat setelah mereka mengamati wilayah Amerika Tengah via satelit. Sebelumnya, ada banyak dugaan mengenai penyebab hilangnya Suku Maya. Ada yang bilang disbabkan oleh badai topan, kelebihan penduduk, wabah penyakit hingga pemberontakan petani. Namun, Arkeolog Nasa satu-satunya, Sever, menyebut bahwa kepunahan itu mungkin disebabkan oleh perubahan iklim. Ketika musim kering yang panjang melanda akibat perubahan iklim, lahan pertanian subur ini menjadi kerontang dan tak menghasilkan. Ini membawa kemunduran besar bagi Suku Maya sampai akhirnya mereka hilang dari sejarah. Tapi nisa masih ragu, masa' iyaa karena perubahan iklim ? Hilangnya tanpa jejak soalnya, setidaknya ada sesuatu atau beberapa hal yang tersisa. Faktor pendukung yang telah dibuktikan menurut sumber yg dipilih adalah bahwa kota-kota bangsa Maya tidak dihancurkan oleh peperangan atau bencana bencana alam. Kota-kota itu dengan demikian telah ditinggalkan oleh para penduduknya. Bangsa Maya telah lenyap tanpa bekas. Mengapakah mereka telah meninggalkan kota-kota mereka yang hebat, yang telah mereka bangun “untuk bertahan sepanjang masa” dengan balok-balok yang utuh?



Lalu, konon katanya suku maya ini ada hubungannya dg makhluk luar angkasa. Wewww, makin misterius aja nii. Emang ada makhluk hidup di bumi ini berkaitan dg makhluk luar angkasa ? Kalu di film mungkin iyaa, ini di dunia fakta - nyata ! Dikutip dr sumber yang terpilih, Menurut cerita kuno, maka para dewa permulaan dari bangsa Maya berasal dari bintang-bintang, mengadakan hubungan dengan bumi, dan kemudian kembali lagi ke bintang bintang. Dalam “ Popol Vuh ”, sebuah ceritera kuno bangsa Maya, dikemukakan bahwa 4000 pemuda dari cakrawala kembali ke “ bintang tujuh “, setelah mereka menderita kekalahan dalam perkelahian dengan manusia. Dewa Kukulkan rupa-rupanya betukar berita dengan bangsa Aztec, yang bernama Quetzalcoatl. Dia digambarkan sebagai seekor ular yang berbulu dan datang dari langit. Kalau orang-orang bangsa Maya, dalam hidupnya setiap hari melihat ular-ular merayap di tanah, maka sulitlah untuk dimengerti, mengapa ular-ular dalam gambaran dan relief mereka dapat “terbang “. Tulisan-tulisan bangsa Maya yang masih ada, meliputi 208 halaman yang dilipat menurut cara harmonica. Melihat banyak dan banyak macamnya tanda-tanda, bentuk-bentuk, lambang-lambang dan bentuk kombinasi, maka tidaklah mengherankan bahwa sampai sekarang hanya sedikitlah yang dapat dipecahkan artinya.



Lukisan-lukisan pada serat pohon yang diberi lapisan tipis dari kapur sebagai landasan lukisannya, disimpan antara dua lembaran kaca. “Dresden Codex” mempunyai 74 halaman, dan berisi perhitungan mengenai perbintangan dan juga berisi daftar-daftar mengenai perjalanan dan gerak bulan dan planet Mars. Pada lukisan-lukisan itu selalu terlihat adanya makhluk mengerikan yang berbentuk seperti ular di dekat bilangan-bilangan. Makhluk itu dihubungkan dengan bulan dan memuntahkan air ke bumi. Makhluk “ manusia “ nya mengenakan kedok dan perlengkapan kepala yang rumit, dan seringkali kelihatannya mengenakan semacam pakaian selam. Apakah mereka itu ALIEN ? bangsa Maya yang sedang melakukan percobaan-percobaan ataukah binatang binatang? Makhluk-makhluk yang tidak dapat ditentukan makhluk, apa sebenarnya, dengan menggunakan banyak peralatan yang aneh-aneh.


(Sumber Lengkap : www.forumbebas.com)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terlalu banyak dan rumit kalau ditelisik secara rinci. Nisa aja sampe bingung" sendiri, tapi beneran penasaran jadinya. Asyik kali yaa kalau jd arkeolog. Semoga para pakar arkeolog bisa menuntaskan semua misteri ini.^^


Percaya Alien Gak ?



dear blogger,
dulu saat kamu kecil, pernah gak kepingin ke bulan atau ingin jadi astronout ? Ingin naik roket, jd bisa jalan" ke luar angkasa. Mungkin juga ada yg baru kepikiran setelah nonton film" luar angkasa kayak StarWars dan Petualangan Doraemon Nobita di luar angkasa. Nisa pribadi pun kepingin jalan" ke luar angkasa. Seru kali yaa ? Terlintas juga nisa pengen kerja atau jadi anggota NASA. Woww AWFUL ! :) Trus ada yg pernah lihat UFO ? Nisa belum !

Ngomongin soal luar angkasa, apakah ada penghuni selain manusia yg tinggal di sana ? Manusia jelas gak mungkin tinggal di sana, kecuali bumi. Suhu dan gravitasinya beda. Kalau mau ke luar angkasa sana musti kudu' menggunakan alat dan baju khusus. Pensil aja dibawa ke sana bisa melayang, karena gravitasi tadi. Anyway, ada yg udh pernah nonton AVATAR ? (bukan film animasi Avatar Si Raja Aang yaa ?). Film 3D Avatar yang disutradai oleh James Cameron, yang juga terlibat dlm pembuatan FILM TRAGEDIC ROMANTIC TITANIC (Leonardo dCaprio dan Kate Winslet). Gimana sense kamu pada saat nonton tuu film Avatar ? Para pemainnya dibentuk avatar mirip alien. Cool yaa ? ^^ Sebenarnya ada gak sihh makhluk yang hidup disana ?

Nahh blogger, Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan temuan baru yang dihasilkan satelit Kepler, Kamis 26 Agustus 2010. Kepler menemukan kelompok planet alien, planet-planet yang tak pernah dilihat sebelumnya itu mengelilingi sebuah bintang -- seperti planet dalam tata surya yang mengelilingi Matahari. Temuan itu dinamakan sistem Kepler 9.

Pengamatan dari observatorium Kepler mengkonfirmasikan dua planet seukuran Saturnus mengorbit sebuah bintang -- dalam jarak sekitar 2.300 tahun cahaya dari Bumi. Sampai saat ini, para astronom belum mengkonfirmasi apakah ada planet yang potensial seperti Bumi -- dalam arti bisa menopang kehidupan. Namun, analisa awal mengatakan, planet tersebut punya radius 1,5 kali Bumi. Para astronot belum menemukan planet mirip Bumi dari observatorium Kepler.
(Dikutip dari : VIVAnews)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hmm. Menurut kamu apa bener ada kehidupan lain di luar angkasa sana ? Apakah kamu percaya adanya "Alien" ? Let see^^



Friday, August 27, 2010

Kebijakkan itu ...


dear blogger,
Udh lm bgdd gag nulis entry, vakum beberapa hari nii. Masih pd semangat puasa khan bg yang menjalankan ? Entry ini nisa mau share ttg perasaan nisa lagi. Nisa mungkin rada sulit buat share ke orang secara langsung, mungkin dg coretan nisa ini, nisa bs berbagi lagi ttg makna kehidupan nisa.

Terlintas beberapa hr lalu "seorang pahlawan tanpa tanda jasa" nisa cerita soal sebuah kisah fakta. Nisa gg mau bilang beliau cerita apa. Namun cerita ini cukup menggesit hati nisa akan kisah masa lalu yang pernah nisa alami. Kalau ngomongin masa lalu, kebanyakkan beranggapan yang 'jelek'. Iyaaaahh, nisa juga gitu. Nisa rasanya gag mau inget" lg masa lalu "itu". Namun dg adanya masa lalu "itu", sekarang nisa bisa berpikir bijak dan dewasa. Masa lalu itu ttg CINTA. Lagi" CINTA, terlalu panjang untuk dijelaskan maknanya, namun kesannya bisa membuat manusia menjadi baik dan buruk. TERGANTUNG !

Mendengar serentetan cerita dan nasihatnya, nisa gg pernah menyesali atas kebijakkan yang nisa ambil. Ditambah lg dg wejangan hati dr beliau, jd tambah yakin dehh soal kebijakkan yg nisa ambil. Nisa bukan manusia sempurna, apalagi untuk mendekati kesempurnaan itu. Namun apalah salahnya saya untuk bs berubah lbh baik dr "masa lalu" yg tak ingin nisa ingat lagi. TAK AKAN ! Namun ...

Yang jelas saat ini, nisa berusaha tanamkan dlm diri nisa - InsyaAllah hal itu gg akan terjadi lg dan lg. Allahumma Amiin. Terlalu picik manusia bila CINTA nya terhadap sesuatu mengalahkan CINTA nya pd SANG KHALIK. Nisa tak mau termasuk golongan itu. Nisa percaya Allah akan menjaga nisa lebih baik lagi. Allah itu mungkin cemburu sm nisa saat itu, sehingga nisa ditegur sm Allah. Semoga CINTA ku ini mengikat dg baik tanpa melupakan kasih sejatiNYA. Amiin

Wednesday, August 11, 2010

Janji Di atas Sungai Musi



janji dan janji ...
nisa sama sahabat nisa (Arman) mendeklarasikan janji. Janji nya cukup unik. Janji nya adalah jika salah satu dr kami SUKSES di masa depan, dimana salah satu diantara kami berdua ada yang belum sukses, maka yang sukses harus membantu yang belum sukses. Di atas jembatan ampera tempat kami berjanji pada sore hari adalah saksi bisu yang harus mengikat kepercayaan kami. Bismillah... Semoga kita berdua sama-sama SUKSES, sahabat ! :) Allahumma Amiiin.

Monday, August 9, 2010

Gerimis Hujan Itu Romantis ^^



"Aku selalu bahagia saat hujan turun, karena ku dapat mengenangmu untukku sendiri . . ."






dear blogger,
kamu suka nuansa saat gerimis turun gag ? what do you feel ? nothing or anything ? :) nisa merupakan salah seorang yang suka saat gerimis turun. Hujan nya gag terlalu lebat. Cuaca nya adem ayem, sejuk (bukan hujan panas). Entah mengapa saat gerimis turun, hatiku tertumpu pada pikiran keindahan "yang belum pernah ditemukan" dlm hidupku. Nisa merasa cooling up saat gerimis turun. Nisa merasa kalau nisa berada dimana gitu. Jadi ngayal lagi dehh :p

Gerimis itu bagiku melambangkan suka cita yang patut disyukuri. Gerimis itu bagiku memberikan kesan sendiri bagi diriku yang merasa. Gerimis itu Romantis ! Pejamkan matamu saat gerimis turun, dan rasakan setiap tetes yang jatuh di telapak tanganmu dg penuh kelembutan. Satukan dg hatimu, maka rasakan ketentraman yang ditemani semilir angin kesejukkan. Gerimis di hari yang sejuk penuh pesona bagiku^^

Wednesday, August 4, 2010

Capucino Ice with Blackberry Crunch


Semua yang tak tampak adalah RASA tanpa kata 'sekedar' ...

Semua tak sama, semua berbeda. Semua tak nyata, semua fana. Semua mungkin berlawanan. Riight ? Oke. now, don't talk about it !

Nisa kamuflase kan dengan segelas capucino ice dan sepiring blackberry crunch. Mengapa dikamuflasekan dengan makanan-minuman ? Karena manusia bisa merasakan sesuatu melalui lidah. (salah satunya). Bagi kamu pecinta capuccino tapi kurang atau tidak suka kopi, apa sensasi yang kamu rasa dengan meneguk capuccino ice, terlebih lagi di saat santai dan tenang ? Tenggorokan yang lagi dahaga akan terobati, kebosanan yang penat akan sedikit mengurangi dengan sedikit mencolek capuccino nya ke mulut. Pasti beda-beda bagaimana kita menikmatinya, namun sense dari menikmati capuccino ice pasti sama. Hmm, seperti kalimat di atas, semua tak sama - semua berbeda. Sensasi itu tak nyata kita sentuh dan lihat, hanya berupa RASA dan AROMA ! Kefanaan yang menggoda bagi para penikmatnya ...






Tak lain tak jauh hanya beda bentuk adalah blackberry crunch. Ini soal sensasi makanan, beda dengan capuccino tadi. Sentuhan blackberry crunch mengguliti lidah saat memakannya dengan RASA dan AROMA yang khas alias enak. CRUNCH ! Uhhh, terasa nikmat saat digigit. Apalagi dalam kondisi yang baru dikeluarkan dari oven (panas-panas hangat).

Sensasi makan dan minum mungkin beda, tapi intinya satu; samasama ditelan melewati kerongkongan dan masuk ke perut kita. Kalau udh di dalam perut, mana bisa lagi kita merasakan sensasi kelezatan makanan/minuman. Hanya saat di LIDAH. Semua itu dikategorikan goodsense, sekalipun rasanya kurang enak. Namun kita masih bisa merasa dan mengetahui enak atau tidaknya, sehingga tetap dikategorikan goodsense ..

Lalu apa maksud nisa nulis entry ini ? Nisa juga sebenernya belum tahu apa maksud menulis ini. Sesuatu yang tidak nyata saja , tapi nisa hanya bisa merasakan 'sebenarnya ini yang ingin nisa tulis'. Memang terkadang, sesuatu yg tidak nyata, fana dan fasik kita ragukan. Namun kalau kita mau berpikir lebih luas, dalam dan jauh, bahwa justru sesuatu yang tidak nyata seperti RASA (termasuk perasaan) adalah SESUATU YANG PALING JUJUR - yg tidak bisa ditipu oleh INDRA kita, meski kita sudah mengelak sejauh dan serumit mungkin dengan lisan dan prilaku kita. Itulah sense nya HATI MANUSIA. Oke ? Bahwa ketika anda ragu dengan apa yang anda lihat, coba tanyakan pada rasa yang ada di diri anda. Kalau soal makanan, indra pengecap lah jagonya. Namun ketika itu sudah bicara di luar dari kelima indra kita, dan anda galau dengan keputusan apa yang harus anda ambil, coba tanyakan kepada rasa yang tak bisa bohong - HATI ANDA ! Semoga bisa sedikit menambah kedewasaan anda :)

Sunday, August 1, 2010

Mountaineering !!!



dear blogger,
udah lama yaa gag nulis lagi. VAKUM in few days. hehe :D hari ini weekend namun awal tanggal di bulan baru, Agustus :) pagi tadi nisa kepikiran lagi soal keinginan yang tertutup sekian lama dan baru hari ini dibuka lagi. MOUNTAINEERING ! Keinginan untuk menjadi backpacker yang keliling kemana" hanya menggunakan ransel. hho :D ada pertanyaan juga dipikiran nisa, emang nisa bisa jadi backpacker ? soal kemampuan ntar ngalir sendiri, sekarang soal niat dulu bisa pa gak ? betull betull betulll ? :D

Ok ! balik lagi ngomongin soal MOUNTAINEERING, mungkin bloggers belum tahu apa sihh MOUNTAINEERING ini. Bahasanya pakai bahasa nenek moyang nisa segala (hhe. peace ^^V). Mountaineering atau mendaki gunung adalah olahraga, hobi atau profesi dari berjalan, hiking, ski, backpacking dan mendaki gunung. Di Eropa juga disebut sebagai alpinism, sedangkan di Amerika istilah terakhir mengacu pada gaya tertentu mendaki gunung, yang melibatkan campuran es tebing, panjat tebing, memanjat campuran, dan di mana pendaki membawa semua beban mereka dengan mereka setiap saat (sumber : www.google.com)

Di kampus, kayaknya kegiatan tambahan (ekskul) yang cocok soal MOUNTAINEERING adalah mapala (mahasiswa pecinta alam). Dulu di SMA, nisa punya temen namanya indah (tp nisa suka panggil dia 'emond'). Di kelas, kami berdua yang yang paling banyak ngebahas soal backpacker , travelling, outbond, and another. Kami berdua pengen ngedaki gunung sama-sama. Namun sekarang, hanya emond yang kesampean berhasil ngedaki gunung dg ransel nya. Dia lagi kuliah di Jakarta sekarang. Dia bebas dr ortu nya yang lagi tinggal di Palembang. Jadi bebas dia mau ikut kegiatan apa aja di kampusnya. Beda ama nisa yang belum boleh dan gak bakalan boleh ikut perkumpulan "Pecinta Alam". Nisa kadang heran, apa nisa terlalu nurut sama ortu sehingga gak berani ngelanggar atau emang nisa yang takut ? Gak tahu dehh. UNDETECT ! huhuuu

Nisa dulu pernah berhasil mendaki puncak perbukitan, yaaahhh walaupun lebih kecil dr gunung, namun gpp - seenggaknya dr hal kecil dulu baru ke hal yang gede'an dikit. hehe. Sekedar sharing, beberapa tahun lalu pada saat nisa liburan ke rumah nenek dan kakek di daerah Banjarnegara (Jawa Tengah) - kota kelahiran mama, nisa diajakkin sepupu nisa naek puncak perbukitan, namanya Bukit Mandala. Dengan modal baju tidur belum mandi dan sandal jepit, nisa kabur diem" sm sepupu berdua dan temennya buat naek perbukitan. Kalau minta izin dulu sm ortu, bakalan gak dibolehin sm ortu. Akhirnya berhasil LOLOS dari rumah. Hehe.

Sesampai di kaki bukit, mikir deh nisa gimana coba bisa naek ke puncak yang tinggi banget gitu. Awalnya ragu, namun dg SMANGAT karena gak sabar buat nyampe puncak walau kepeleset berapa kali dikarenakan jalan perbukitan cukup licin dan pake' sandal jepit, akhirnya sampai juga kami di puncak perbukitan. Subhanallah, keren banget banget pemandangan desa itu dr puncak bukit. Dingin banget di atas, serasa awan tuu dekat banget dg kepala nisa Nisa jerat-jerit sesuka hati, tohh gak ada yg dengerin juga. Hehehe :D Cukup lama juga kami bertengger di puncak perbukitan itu. Tapi tiba" keinget ortu, ntar mereka cariin kami, karena waktu itu juga udh siang, mana nisa belum sarapan. Dg berat hati, kami turun ke kaki perbukitan. Turunnya lebih mudah ternyata dibanding naik nya tadi. Hehe


It's unforgettable moment. I LOVE IT ! Tinggal gunung yang belum didaki. I WANT MOUNTAINEERING >,< May it will be come true :) Amiiiinn.


Pengikut

Precious Award

Precious Award

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez