Wednesday, July 28, 2010

Fakta Unik Tentang Tubuh


dear blogger,
awalnya nisa mau buka akun email nisa di Yahoo!Mail, ehh gak sengaja liat satu artikel menarik. Nisa copas buat para pembaca blog setia nisa di nishanicha.co.cc, InsyaAllah menambah pengetahuan kamu bagi yang belum mendapatkan info ini.

Anda pasti sudah belajar tentang anatomi tubuh manusia sejak masih di bangku sekolah. Tetapi, dari pelajaran itu Anda hanya baru mengetahui sebagian kecil saja fakta tentang organ dan kondisi tubuh. Ada lima fakta unik lain yang sangat menarik untuk Anda ketahui seputar kondisi tubuh. Berikut faktanya, seperti dikutip dari Live Science.

1. Perut mengandung zat asam korosif

Ada cairan berbahaya dalam usus Anda. Sel pada perut mensekresikan asam klorida, senyawa korosif yang biasanya digunakan untuk merawat logam di dalam dunia industri. Cairan ini mengkaratkan besi baja Tetapi lapisan mukosa pada dinding lambung dan akan menahan cairan beracun dalam sistem pencernaan, dan berfungsi meluruhkan makanan.

2. Posisi tubuh memengaruhi memori

Anda tidak dapat mengingat ulang tahun sahabat? Cobalah untuk berlutut dengan satu kaki. Kenangan pun bisa terwujud di dalam indera kita. Aroma atau suara dapat membangkitkan memori seseorang. Hal itu dapat terlihat jelas atau setidaknya bisa ditebak. Dengan gerakan tersebut Anda seperti memancing kembali memori yang terpendam lama.

3. Otak butuh banyak makanan

Meskipun beratnya hanya 2 persen dari berat total tubuh, otak membutuhkan asupan 20 persen oksigen dan kalori. Untuk menjaganya tiga arteri otak besar terus menerus memompa oksigen.

Masalah seperti penyumbatan atau jika salah satunya pecah akan membuat otak kekurangan energi yang mereka dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya. Hal ini juga memengaruhi fungsi-fungsi organ yang dikendalikan oleh area otak yang bermasalah, contohnya seperti stroke.

4. Ribuan ovum terbuang

Ketika seorang wanita mencapai usia akhir 40-an akhir atau awal 50-an siklus menstruasi yang mengontrol kadar hormon dan ovum berhenti. Ovarium telah memproduksi sedikit estrogen dan membuat perubahan baik fisik maupun emosi seluruh tubuh. Folikel telur yang tidak berkembang mulai gagal untuk melepaskan ovum secara teratur seperti sebelumnya.

Gadis remaja rata-rata memiliki 34.000 folikel telur mentah, meskipun hanya 350 atau lebih yang matang selama hidup (dengan pelepasan sekitar satu telur per bulan). Folikel telur yang tidak terpakai kemudian memburuk. Dengan tidak adanya potensi kehamilan, otak dapat berhenti mengelola pelepasan ovum.

5. Anda memiliki empat warna kulit

Semua kulit, tanpa warna, akan tampak putih krem. Pembuluh darah di dekat-permukaan membuat kulit terlihat kemerahan. Sebuah pigmen kuning juga akan terlihat. Terakhir, melanin sepia, dibuat sebagai respons terhadap sinar ultraviolet, akan tampak hitam dalam jumlah besar. Empat warna dicampur dalam proporsi yang berbeda untuk menciptakan warna kulit semua bangsa di bumi.

(From : Petti Lubis, Mutia Nugraheni - Rabu, 28 Juli)

Dua Pulau Impian Nisa



dear blogger,
rutinitas kuliah (semester pendek) setiap hari yang akhir-akhir ini membuat kondisi badan nisa naik turun , sangat mengurangi waktu libur panjang nisa untuk semester genap ini. Gak terasa udh kurang lebih 2 bulan berlalu masa liburan. Sekitar tgl 9/10 Agustus, perkuliahan sesungguhnya dimulai. Jadi waktu liburan udh tgll sedikit. Hwaaa- Ngomongin soal liburan, nisa pasti punya tempat liburan impian. Nisa pengen banget liburan ke pulau. Gak perlu pulau di luar negeri, di rancah negeri pertiwi pun nisa udh sangat senang sekali. Nisa ingin banget ke salah satu pulau indah di Indonesia. Salah satu pulau indah ini adalah Pulau Belitung. Letaknya di daerah Sumatera. Nisa pengen banget ke pulau tempat shooting film tetralogi "Sang Pemimpi" ini. Selain Belitung adalah pulau Timah, Belitung juga adalah pulau istimewa dengan keindahan pantai-pantai berbatu granit artistik, air laut jernih, dan pantai berpasir yang benar-benar putih, tidak dijumpai di tempat lain.


(Belitung Island)


Selain pulau Belitung, ada juga satu pulau lagi yang mau jadi target liburan nisa. Tapi balik-balik kalau dibolehin sm ortu >,<
(Bintan Island)

Nisa pengen banget ke sana, terserah siapa yang mau nemenin. Kamu juga boleh nemenin. Liburan sendirian juga boleh (tapi kalau diizinin ortu pergi sendiri). Tapi nisa ingin pergi kesana bersama orang" yang nisa cinta dan sayang. Tujuan honeymoon mungkin OK buat para pengantin muda. lol

Dear, harapan nisa kuat ingin ke sana. Terserah mau dibayarin ortu, mau gratis, atau gimana nya. Syukur" pakai uang nisa sendiri. InsyaAllah Amiin. Semoga nisa bisa mengunjungi salah satu atau kedua pulau ini yya. Nisa ingin sekali menikmati semilir angin yang penuh pesona di pulau-pulau ini. Tanaman bakau disekitar pantai mungkin jadi pelengkap keasrian suatu pantai. Jika dikasih dua tempat liburan dan harus memilih antara alam atau pusat perbelanjaan, nisa pengen ke alam aja, apalagi kalau liburannya ke pantai. Bisa main air dehh, berenang kecil-kecilan walau nisa gak bisa berenang. Haha razz

I MISS MOMENT IN MY HOLIDAY :(

Tuesday, July 27, 2010

Ketika IKHLAS diuji



Bismillahirrahmanirrahiim.
dear, pagi ini (Selasa) diri nisa sedang diuji dg suatu kata yang sangat dahsyat maknanya - tak bisa digambarkan dg bentuk apapun, yaitu IKHLAS. Masya Allah, dari dulu sekali nisa udah mengharapkan sesuatu barang yang emang nisa pengenin banget. Nisa berusaha sabar menanti untuk mendapatkan barang tersebut. Namun apalah daya, barang yang nisa pengenin itu udh diberikan kepada orang lain, dan nisa belum menggunakannya. Kayaknya kecil nii persoalan, namun cukup membuat hatiku terbesit ciut. Penantian lama yang belum kunjung datang telah diamanahkan kepada yg lain sekarang. Apa yang mau dikata dan dilakukan sekarang ? Nisa hanya bisa bersabar dan mengIKHLASkan nya. Mungkin itu belum rezeki nisa. Namun alangkah susahnya hati ini mau menerima dg baik. Mungkin ini hanya sementara, nisa percaya. Semoga nisa jauh bisa menerima semuanya dg lebih baik lagi. Allahumma Amiin.

Ciri Orang Yang Ikhlas

Orang-orang yang ikhlas memiliki ciri yang bisa dilihat, diantaranya:

1. Senantiasa beramal dan bersungguh-sungguh dalam beramal, baik dalam keadaan sendiri atau bersama orang banyak, baik ada pujian ataupun celaan. Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, “Orang yang riya memiliki beberapa ciri; malas jika sendirian dan rajin jika di hadapan banyak orang. Semakin bergairah dalam beramal jika dipuji dan semakin berkurang jika dicela.”

2. Terjaga dari segala yang diharamkan Allah, baik dalam keadaan bersama manusia atau jauh dari mereka.

3. Dalam dakwah, akan terlihat bahwa seorang dai yang ikhlas akan merasa senang jika kebaikan terealisasi di tangan saudaranya sesama dai, sebagaimana dia juga merasa senang jika terlaksana oleh tangannya.


Monday, July 26, 2010

IJO LUMUT ON SUNDAY ! :)


dear blogger,
nisa ingin share nii aktivitas nisa di hari minggu kemarin, weekend yang mengasyikkan :) kemarin nisa jalan bareng sama temen" cewek sekelas nisa. Udah lama banget banget gak ngumpul dan ketemu, dikarenakan liburan kuliah. Di kelas nisa hanya dihuni tujuh gadis (bahasa mu, gadis. haha) Kami dipanggil IJO LUMUT ! Nisa yang kasih nama IJO LUMUT itu. Kalau soal artinya, dirahasiakan dulu sementara.

Kemarin kita udah janjian di salah satu mall di Palembang, namanya PIM (Palembang Indah Mall). Mau janjian makan Pizza Hut. Habis pengen tuu kita nya. Jam 11.00 WIB janji pertemuan. Yahhh biasalahh ada yg pada ngaret datangnya. Tapi untung gak terlalu lama. Alhamdulillah :) Cuma tetep yg namanya nunggu itu tak enak, keburu lapar nii perut pengen cepet" ngelahap pizza. Huhahu

Setelah dzuhur kelar, baru dehh pizza bisa dilahap. Sekitar jam 13.00 WIB baru bisa ngelahap tuu makanan. Kemarin yang datang hanya berenam, winda salah satu anak IJO LUMUT gak bisa datang karena lagi sakit. Dikarenakan kami dtg berenam, jadi kami pesen paket delight berempat dan berdua. ENAK ! Namun karena kenyang, hanya tersisa dua potong pizza. Maaf yya kami semua kenyang, jadi gak makan kamu deh pizza. Hehehe

Di pizza kami ribut, habis dr makan mau kemana. Ada yang ngusulin karaokean, ada yg ngusulin ke rumah winda, ada yg ngusulin ke danau OPI. Finally, kami memutuskan ke Danau OPI aja. Asyikk" !

Perjalanan dilanjutkan ke Danau OPI, cuaca saat itu lagi gerimis. Tapi itu gak mengurungkan niat kami pengen maen kesana. Tohh dewi juga bawa kendaraan yang bs menampung kami berlima. Hehe. Sesampai di OPI, kami berusaha mencari tempat nongkrong yang enak. Akhirnya dapat juga tempat yg comfort. Mulai dehhh foto" disana-sini. Kayak kagak ada urat malu lagi. Haha. Saat kayak gitu, kayaknya enak kalau kita makan jagung bakar, pempek panggang, atau siomay sambil ngedogan (red. minum dogan). Namun tiba", ada seorang cowok yang nyamperin kami, dia menawarkan "dek, mau maen bebek-bebekkan gak ?. Harga sewa nya Rp 25.000/30 menit". Bebek"an itu kayak sepeda air, tapi bentuknya bebek gitu. Berpikir dehh kami, ada rasa pengen coba. Dan ternyata kami setuju untuk bermain bebek"an. Hahaha

Karena kami berenam, jadi kami berunding siapa di bebek 1 dan siapa di bebek 2 ? Akhirnya nisa, desta dan ita di bebek 1 (warna ijo), sedangkan dewi, redha, dan jena di bebek 2 (warna merah). Pas mau naik, takut-takut, tapi pas udah naik dan duduk manis, AMAZINGGGGGGG ! SERU bangett saat itu ! Walau rada gerimis, namun gak mengurangi rasa gregetan nisa saat itu. Mulai deh aksi foto" dilayangkan di hp masing". Haha :D Nisa ragu" mau meletakkan tangan nisa di danau buat ngemaenin airnya, namun akhirnya berani juga :)

Setelah cukup lama nangkring di OPI, kami pulang ke rumah masing". Nisa udah ngantuk saat itu. Habis gak tidur siang. Hehe :P Terimakasih yaa teman"ku, sygg.

Saturday, July 24, 2010

Saturday !


dear blogger,
Maav kemarin nisa gak sempet share di blog. Dua hari kemarin nisa sedang fokus MID dan KUIS. Karena besok libur, jadi FREE tonight ! Besok (Minggu) ada janji sama temen" buat hang out bareng. Udah lama gak ketemu mereka, hampir 1 bulan gitu. Tapi InsyaAllah besok berjumpa. Aminn :)

Today is Saturday. Tadi pagi ada kuis. Alhamdulillah nisa bisa mengerjakan soal itu dg baik. Optimis sama hasilnya dan semoga hasilnya memuaskan :) Amiiin. Hari ini mau nemenin pacar (aning) cari kemeja putih buat dipakegg seminar TA dia. Ehh ternyata papa juga mau ikutan kami pergi sekalian nganter adikku tes masuk perguruan tinggi (Poltek UNSRI). Bagus donk kalau gitu, gpp papa ikut. Lebih rame, jadi seru. Hehe :DRata Penuh

Tadi makan bareng dulu sm papa, pipit + temennya, aning dan aku di warung bakso daerah Unsri Bukit. Es jeruk menjadi pelengkap menu jam 11.00 WIB saat itu. Panas" minum yang seger bikin tambah buger. Hehe :p Habis itu, baru nganter pipit + temennya ke lokasi ujian (Poltek Unsri). Berpisah sementara disitu kami dg adikku pipit.

Perjalanan kami (cha, papa dan aning) lanjutkan menuju Pasar Cinde, nemenin papa ngebordir nama di topi beliau. Terinspirasi dr topi training PYP nisa. Papa juga pengen ngebordir nama dsb. Cukup lama buat nunggu tu bordiran kelar, habis papa ingin menunggu. Emang rada mls juga kalau bolak-balik nantinya. Untung cha ada temen main yang bs dijahilin (yg tak lain adl pacarku, aning. Jadi gak bosen nunggu pembordiran kelar. Hehe :p maav yya hari ini nakal sama kamu. Haha

Sambilan nunggu tadi, nisa melihat pemusik jalanan yang ada di daerah Pasar Cinde. Pemain musik jalanan ini nampak beda dr yang lain. Mereka terdiri dr dua orang, satu pegang gendang dan satu lagi pegang keyboard. Specialnya adalah mereka penyandang cacat. Umur mereka kayaknya udah cukup jauh umur. Perkiraan 28th keatas. Mereka bermain musik bener" ngeeksplor bakat seni musik mereka. Walaupun mereka diberi Allah suatu kekurangan karena fisik mereka, tapi bener dehh musik yang mereka bawain OK ! Enak bener musik yang dimaeninnya. Udah dibilang nisa paling suka sama orang yang bisa maenin alat musik. KEREN ! http://www.emocutez.com



(foto diambil oleh aning)


Udah selesai urusan bordir membordir, kami melanjutkan perjalanan ke Masjid di TVRI untuk melaksanakan ibadah. Habis itu, kami pergi ke toko komputer buat ngejemput "SI PUTIH". Ya Allah, senenggggggg banget nisa bisa melihat dan memegang si putih lagi. Asli td rada parno pas ada yang pegang si putih selain nisa. Pikirannya takut jatuhh lah atau apalah. Alhamdulillah SI PUTIH pulang juga! http://www.emocutez.com

Udah dr ngambil si putih, baru dehh nisa sama aning pergi cari kemeja dianter papa. Papa nunggu di parkiran aja, kami berdua dehh hunting". Hehe. Ehhh malah nisa dibeliin aning kaos kaki yang emang nisa pengenin warna baby pink + gelang hitam bertulis huruf "Q" (inisial nama aning juga). Gelangnya elegant, warna hitam pula. Hehe :D makasihh ya dudut :)

Waktu terus berjalan, gak sadar udah jam dua'an. Pipit mau dijemput lagi tuu, tapi jam 3 ntar. Bingung deh mau ngapain. Berhubung perut ini manggil" minta diisi lagi, yowessss kami makan lagi di kantin kampus (Pantai) sambil nunggu pipit kelar test. After all, pipit sms buat dijemput. Akhirnya nongol juga nii bocah. Udah ngantuk banget nisa saat itu -,- Tahu sendiri nisa doyan tidur. Kata Arman (sahabatku), nisa ini "muka bantal". Hahaha. Dasar yono sarap ! Trus dibilang bang wahyu "putri tidur". Nahh agak enakkan ini. Emang abang wahyu itu kk yang bijak. Haha :p

Habis dari sana sini di SATURDAY ini, kami pulang ke rumah. Aning balik lagi ke indralaya, kosan tercintanya. Hehe. Okelahhh itu aja share nisa hari ini, dear. Nisa mau kangen"nan dulu ama si putih. Hehehe. Terimakasih papa buat hari ini, trimakasih juga aning ku :)


Thursday, July 22, 2010

P A P A - I LOVE YOU


dear blogger,
Senja ini hujan, sekarang pukul 18:35 WIB hanya tinggal gerimis saja. Nisa habis berbuka puasa bersama mama dan adik perempuanku (pipit). Adik cowok (iqbal) sama papa gak ikut puasa hari ini. Dear, malam ini nisa ingin bercerita soal papa. Papa - Pemimpin keluarga (raja) di istana sederhana ku yang didiami oleh permaisuri cantik, dua putri dan satu pangeran.

Dear, akhir-akhir ini papa sering sibuk dg urusan kantornya. Sebagai asisten di perusahaan BUMN di kota Palembang yang bergerak di perusahaan minyak dan gas, papa bisa dikategorikan "pekerja yang sibuk kerja di kantor". Tapi papaku hebat, dia selalu punya waktu untuk keluarganya. Siapa yang kenal papaku, pasti akan tersipu kagum. Itu yang sudah dirasakan sendiri oleh teman" dan pacarku. Papa itu emang tipe suami yang ideal buat mama. Papa nisa terlalu sederhana dlm penampilan, gak nyangka kalau dia adalah tipikal "orang sukses". Papa adalah anak paling sukses dibanding saudara-saudaranya. Namun papa gak pernah sombong apalagi angkuh. Papa begitu perhatian kepada keempat saudaranya. Apalagi kepada kakek (ayah papa), dimana saat ini papa sudah gak punya ibu lagi (Almh. Nenek). Papa selalu mengajarkan kami semua, terutama ketiga anaknya untuk menjadi seorang yang sederhana.

Dear, nisa sering menangis melihat papa kalau ia terlalu sibuk bekerja. Papa bisa dibilang mempunyai fisik yang lemah, sama seperti nisa - yang mudah capek ! Papa juga punya masalah lambung (sama lagi kayak nisa). Kadang kalau papa sakit, nisa juga ikut sakit. Jujur, nisa adalah satu-satunya anak yang mirip sama papa. Akhir-akhir ini papa sering bolak-balik ke luar kota untuk mengikuti beberapa kegiatan training yang diutus oleh kantor nya. Nisa sering kangen papa ! Walaupun nisa kadang cuek kalau di rumah, tapi nisa begitu perhatian. Karena bagi nisa perhatian yang terpenting adalah aplikasinya, tak hanya sebuah kata-kata.

Papa berusaha selalu memberikan yang terbaik untuk semua anaknya. Wuihhhh, sampai nangis nisa nulis entry ini. T.T Nisa gak kebayang betapa lelahnya papa untuk kebahagiaan istri, anak-anaknya dan keluarganya sendiri (termasuk keluarga dari mama). Tapi papa tak pernah mengeluh kepada kami. Selalu menampakkan senyum tipisnya kepada kami. Tapi nisa tahu betapa lelahnya papa. Nisa kadang suka nahan nangis kalau lihat papa lagi tidur. Lelap sekali beliau tidur. Papa sakit aja nisa suka nangis :(

Dari kemarin papa pulang larut malam lagi, pergi ke kantor jam 6.30 WIB ! Biasanya papa pulang pukul 17.00 WIB, namun beberapa hari terakhir banyak tamu dari luar kota yang harus papa tangani mengenai segala hal yang menyangkut tamu penting itu. Hari ini aja papa gak pulang makan siang. Tadi pulang pukul 18.00 WIB, mandi - sholat dan pergi lagi untuk menyelesaikan tanggungjawabnya. Papa gak sempet makan malam lagi malah. Tadi nisa tawarin soto hangat, papa gak mau. Papa bilang "InsyaAllah, nanti nak". Papa selalu mengajarkan kami membiasakan diri untuk selalu bilang "InsyaAllah" kalau kami akan berjanji. Nisa SALUT sama papa ! Lelaki yang arif, bijak, cerdas, dermawan, lembut dan sebagainya. Nisa bercita-cita agar menjadi anak impian buat mama dan papa. Walau kadang nisa suka sebel sama mama dan papa, itu hanya sekedar perasaan berontak akan ketidaksukaan terhadap sesuatu. Tapi yakinlah nisa begitu mencintai mereka.

Dear, nisa ingin sekali ketika nisa menikah nanti, papa nisa yang menjadi wali pernikahan nisa. Nisa ingin juga papa dan mama menghadiri wisuda nisa. Nisa ingin membelikan sesuatu yang special kepada mereka dengan uang hasil kerja keras nisa sendiri. Nisa juga ingin papa dan mama melihat nisa punya anak sekaligus memberikan cucu yang lucu untuk mereka (Allahumma Amiiiiin). Nisa ingin semua anak-anaknya SUKSES ! Dan yang terpenting adalah menjadi anak berbakti buat papa dan mama.
Nisa selalu berjanji pada diri nisa bahwa nisa akan buat mama dan papa bangga. Ini merupakan tanggung jawab nisa sebagai anak pertama sekaligus kakak bagi kedua adik nisa.

Papa, betapa buruknya aku anakmu, yakinlah itu hanya sikapku yang egois. Namun aku begitu mencintaimu, papa. Lelaki yang paling kucintai di dunia ini adalah engkau, papa.



Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) - BY ADA BAND
Teringat masa kecilku
Kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu
Buatku melambung
Disisimu terngiang
Hangat nafas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi
Serta harapanmu

Kau ingin ku menjadi
Yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu
Jauhkan godaan
Yang mungkin kulakukan
Dalam waktuku beranjak dewasa
Jangan sampai membuatku
Terbelenggu jatuh dan terinjak

Reff :
Tuhan tolonglah sampaikan
Sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji
Tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya
Ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu

Andaikan detik itu
Kan bergulir kembali
Kurindukan suasana
Basuh jiwaku
Membahagiakan aku
Yang haus akan kasih dan sayangmu
Tuk wujudkan segala sesuatu
Yang pernah terlewati

Fenomena "SIXTH SENSE" alias INDRA KEENAM



dear blogger,
pernah punya lingkungan atau ada keluarga atau kerabat atau teman kamu yang memiliki "sixth sense" alias indra keenam. Nisa lagi tertarik banget nii membahas soal topik hangat kita pagi ini. Biasanya fenomena ini dialami oleh hampir setiap balita, anak kecil atau bahkan juga ada orang dewasa seumuran kita atau orang tua kita.

Kalian tahu khan Cinta Kuya anaknya Uya Kuya, sang mentalist ? Cinta punya acara khusus disalah satu stasiun televisi swasta di Indonesia (Cinta Juga Kuya). Kadang pernah kepikiran gak sih kalau apa yang Cinta bilang itu bener apa gak ? Mungkin gak yya dia tahu semua hal yang emang kadang buat "manusia biasa tanpa kelebihan" kayak kita dijalur keheranan ? Semua balik lagi ke individu masing-masing. Mungkin Cinta adalah salah satu anak dengan "sixth sense" yang emang udah digariskan dlm hidupnya sebelum dia lahir.

Fenomena sixth sense (indra keenam) adalah salah satu yang paling terbaru untuk diberi perhatian cukup lebih.
Sebenarnya "sixth sense" itu hanya rasa yang timbul dlm pikiran manusia, kemudian diaplikasikan dlm lima indra kita (itu menurutku siih). Indra keenam lebih jadi terkait dengan mengingatkan kita untuk bahaya nyata, seperti orang asing mengintai dlm kegelapan, kadang-kadang berkaitan dengan insting seseorang ketika mencoba untuk memilih tindakan yang tepat. Lebih luar biasa, mungkin akan memberitahu kita untuk tidak pergi ke suatu tempat hari itu, seolah-olah entah bagaimana dapat meramalkan kejadian. Tampaknya indra keenam tidak terkait dg alat fisik seperti bola mata, telinga, saraf pencium atau kuncup rasa. Kemampuan untuk merasakan hal-hal di luar kemampuan lima indra yang lain adalah supranatural.



Indra keenam tampaknya tidak termasuk dalam kategori yang sama sebagai 'rasa'. Jadi bingung dehh ? Bagaimana Islam menanggapi soal indra keenam ? Mengenai indera keenam, M Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Qur'an menerangkan:


… kita masih membutuhkan “sesuatu” di samping akal. Terserah Anda, apa nama “sesuatu” itu. Namailah “indera keenam” sebagaimana filosof dan psikolog menamainya, atau “bisikan atau gerak hati” seperti kata orang kebanyakan, atau “ilham, hidayat, dan firasat” menurut nama yang diberikan agamawan.

Tidak jelas cara kerja “sesuatu” itu, karena datangnya sekejap, sekadar untuk mencampakkan informasi yang diduga “kebetulan” oleh sebagian orang, dan kepergiannya pun tanpa izin orang yang dikunjungi.

Biasanya, “sesuatu” itu mengunjungi orang-orang yang jiwanya dihiasi kesucian, karena Allah tidak akan memberi hidayat kepada orang yang berlaku aniaya (QS Al-Haqarah [2]: 258), kafir (QS Al-Baqarah [2]: 264), bergelimang dosa atau fasik (QS Al-Ma-idah [5]: 108), melampaui batas lagi pendusta (QS A1 Mu’min [40]: 28), pengkhianat (QS Yusuf [12]: 52), dan pembohong (QS Al-Zumar [39]: 3).


Jika memang ada manusia disekeliling kita yang memiliki indra keenam, itu adalah suatu kelebihan yang langka. Kita tidak boleh menstratifikasi mereka "aneh", menanggapi saja tapi jangan terlalu percaya. Ntar malah kita jadi parno kalau diiming-iming sama hal yang berkaitan dg supranatural.


Wednesday, July 21, 2010

Award :)




Alhamdulillah untuk pertama kalinya | Corat - Coret NISA | mendapatkan award dari The Other Side of Fhe Ini listed nya :

Cha-cha
Baru mulai ngeblog kayaknya,,
tapi udah mulai banyak entri.. suka ngasih info-info penting juga..
keep writing yah..

Terimakasih fenti buat award nya :)
InsyaAllah SMANGADH MENULIS selalu :) keep blogging sista :)

(Award diberikan Senin, 12 Juli 2010)

http://www.emocutez.comhttp://www.emocutez.comhttp://www.emocutez.com

Saat adikku inginkan SEGERA !


Bagi seorang kakak, permintaan adik seperti kewajiban yang harus segera dipenuhi. Ntah sulit atau tidak permintaan itu. Adik perempuanku (pipit) ingin segera aku bisa mengendarai mobil secepatnya. Rada susah juga nii permintaan. Walau SIM A udah di dompet nisa (yg hanya menjadi pajangan), namun gak segampang itu buat bawa nii kendaraan. Secara nisa baru juga dapat sim nya. Nisa masih rada takut buat bawa nii kendaraan. Teman"ku juga nii udh pada desak, "hayoo cha.. bawa gii kendaraan tuu. Masa' cuma bisa naek sepeda doank sama ngandalin jalan kaki". Huuu (enak yya kalau berdalih, prakteknya susah nii ! http://www.emocutez.com


Mama Papa sekarang jg jarang nii ngelatih nisa buat belajar lagi dan lagi. Lama" lupa nii gimana cara mengemudikan nii kendaraan. Rasa takut tuu masih ada. GAK PEDE ! Pikiran aneh" tuu udah ada duluan di otak, takut nabrak lah, takut nyenggol kendaraan lain, takut ngontrol kopling, gas, rem tangan da kaki. Apalagi pas sahabatku (arman) bilang gini "tenang cha, resiko belajar ngendarain mobil tuu ada dua, nabrak atau ditabrak". Hwaaaaaa- makin gak berani
pika25Kalau pada saat les driver sii iyaa, InsyaAllah masih bisa kendaliinnya. Lagipula saat itu ada pendamping (guru drive) di sebelah, jadi gak terlalu takut. Naa ini harus bawa sendiri. Kayaknya kedua adikku udh bosen menghadapi sikapku yg selalu minta dianter ke pintu gereja (gerbang komplek perumahan).

Udah banyak teman nisa yang ingin mengajar nisa drive lagi, dg syarat pakai mobil nisa (red. milik ortu). Wuihhhh, gimana ngomongnya sama ortu nisa. Nisa mau pakai kendaraan nii buat belajar di dekat komplek perumahan aja gak diizinin. Yahhh mungkin nisa harus lebh memberanikan diri lagi. Keberanian itu emang sulit pada saat praktik, namun nisa harus buat ini jadi mudah. InsyaAllah BISA ! Adikku, sabar yya :) InsyaAllah kalau kak nisa udah jago ngemudiinnya, diajak jalan yya :) Amiiiin.

Lirik Lagu Untuk Sebuah Nama - Ebiet G ade



Mengapa jiwaku mesti bergetar
Sedang musikpun manis kudengar
Mungkin karena kulihat lagi
Lentik bulu matamu
Bibirmu dan rambutmu yang kau biarkan
Jatuh berderai di keningmu
Makin mengajakku terpana
Kau goreskan gita cinta

Mengapa aku mesti duduk disini

Sedang kau tepat didepanku
Mestinya kau berdiri berjalan kedepanmu

Kusapa dan kunikmati wajahmu

Atau kuisyaratkan cinta

Tapi semua tak kulakukan

Kata orang cinta mesti berkorban
Mengapa dadaku mesti bergoncang



Bila kusebutkan namamu
Sedang kau diciptakan bukanlah untukku
Itu pasti tapi aku tak mau perduli
Sebab cinta bukan mesti bersatu
Biar kucumbui bayanganmu
Dan kusandarkan harapanku
Jatuh berderai dikeningmu


Cinta dan Persahabatan ? -,"


dear blogger,
CINTA dan PERSAHABATAN - dua sifat yang paling banyak didambakan semua insan di jagad raya ini. namun jika kita bertanya soal beban, mana yang lebih berat antara peran sebagai sahabat atau kekasih (pacar) ? pertanyaan yang sulit untuk dijawab. yaaa pasti sulit untuk dijawab, wajar saja karena hal ini saling beriringan. tanpa CINTA, dunia hambar. tanpa SAHABAT, dunia sepi. semuanya saling beriringan.

kamu mungkin pernah punya sahabat atau cinta atau keduanya ? pernahkah terbesit bagaimana salah satu atau keduanya hadir dlm hidupmu ? TAKDIR ! yaaa itu jawaban lumrah. sering kali mungkin kita merasa harus membagi waktu kita antara keduanya. misalnya hari ini jalan sama pacar kamu, besok waktu buat sahabat kamu. itu gampang ngaturnya, sahabat kita mungkin akan mengerti kalau dia tidak didahulukan soal "jalan bareng". Naah gimana kalau masalahnya udh soal "curhat masalah" di saat bersamaan. Dimana keduanya membutuhkan solusi tercepat dan terbaik dari diri kita. Lagipula masalahnya berbeda, kalau masalahnya sama mungkin kita bisa memberi solusi yang sama, namun saja kita sesuaikan dg situasi dan kondisi yang berbeda. Hmmmm... kadang sulit.



aku punya keduanya Alhamdulillah. mereka semua adalah bagian dr hidupku. aku tak bisa berjalan tanpa keduanya. semuanya harus adil dan terbagi rata. Mampukah Persahabatan tanpa Cinta? Dan Mampukah Cinta tanpa Persahabatan? It's based ur character ! Manusia itu terkesan egois (apa mungkin iyaa ?). Manusia pasti inginkan keduanya.

Kalau dipikir", mana yang lebih banyak pengorbanan antara CINTA dan PERSAHABATAN ? mungkin kalau terlihat dr satu sudut pandang, CINTA yang banyak berkorban. tapi kalau kita telisik lagi, sepertinya PERSAHABATAN yang banyak pengorbanan. coba pikir, kalau CINTA lagi adem ayem, kadang kita suka cuekkin sahabat kita (tanpa disengaja). tapi kalau lagi ada masalah, balik" nya curhat ke sahabat. sahabat sejati adalah sahabat yang mau menerima apapun keadaan sahabatnya, ntah seneng atau sedih.

Naaah coba kalau misalnya PERSAHABATAN lagi adem ayem, kekasih kita mungkin rada jealous karena kita terkesan lebih prioritasin sahabat dibanding dia. namun kalau persahabatan lagi berabe, terkadang kekasih kita mungkin merasa bahwa kita miliknya sepenuhnya. tapi itu semua tergantung pada sifat tiap" manusia. Ibaratnya ini hanya kejadian absolut yang tak mutlak, yang relative !

CINTA mungkin bisa "putus", tapi apa sahabat mungkin juga gitu ? Apapun persepsi mengenai keduanya, kalau pendapatku pribadi aku tak ingin kehilangan keduanya. SEMUANYA SAMA !
Walaupun mungkin bisa ditimbang berat yang mana, jawabanku mungkin SAMA alias SEIMBANG. Karena semuanya harus sama-sama dipentingkan.

Menurut survey di update status yang nisa post di akun Facebook "jika suatu peran bisa ditimbang, mana yang lebih berat antara peran sebagai pacar atau sahabat ?", ini ada beberapa jawaban dr teman"ku :

Ahmad Fu :
Peran yg lbh berat it ad menjaga kpercayaan & selalu jujur trhadap pasangan qt

Iwan Ayatullah :
peran sahabat lah yg paling brat,,,karna shabt lah yang lbih tahu tntang pribadi qta,,klw pacar sih w suka jaim,,,

Riin Amelia :
hmmm..... pa yac?? trgantung situasi n kndisinya X yac...
hihihihi.. peran sbg pacar sXgus shbat.. ituh dah yg berat...

OK ! semua jawaban mungkin merupakan perwakilan dr karakter masing" manusia. karena manusia itu berbeda. sebeda apapun manusia, namun hanya satu fitrah nya, HIDUP SEBAGAI MANUSIA yang berlomba di dunia ini untuk mengejar amal baik yang nanti akan dipertanggungjawabkan ! :)

Tuesday, July 20, 2010

Hanya Sekedar Ingin Berpuisi yang Dinamakan "TANPA JUDUL"



sebait dua bait dalam satu syair, ku geletakkan perasaan ku pada satu tumpuan yang buatku nyaman. seelok fatamorgana yang mempersona, aku hanya berkedip pada satu cahaya. dalam heningan yang ditelusuri dengan dentingan simponi piano, aku berpikir pada pikiran yang tak jelas. mengadu pada sang pengatur nasib, namun belum ku temukan jelas jawabNYA. hanya mendengar bisikkan yang kupecahkan misteri nya satu per satu dlm jejak langkah yang kabur dr pandangan. terusik akan kisah yang sudah lama terbuang, seperti mencari satu runcing peniti di dalam rumput yang bergoyang kencang.

sang philosopi bertanya, adakah kehilangan dlm mahkota kebahagiaan yang abadi. terlalu congkak dalam menelusuri semua langkah dlm satu takdir. mengenang sesuatu yg sebenarnya hanya kamuflase sang pemain takdir. yang tergores dlm catatan nasib yang sudah ada sebelum darah dialirkan dlm kehidupan di "dunia biru".

aku sang pencari, hanya mampu mencari dlm ketenangan jiwa yang tersyahdu dlm firmanNYA yang tak akan pernah bisa kulengahkan. karena aku terlalu kecil dlm MAHA yang tak akan surut. aku hanya pecundang yang inginkan KEBAHAGIAAN . . .

Hiburan Untuk Sore Ini - Suapan Tangan Mama


dear blogger,
hari ini adalah hari yg cukup melelahkan untukku. Punggungku cukup lelah untuk beraktivitas "berat" lagi. Kusandarkan bahuku sekarang di kursi depan laptop adikku. "Sii Putih" belum pulang, masih diservice di toko komputer. Huu

Hari ini rada nyebelin, dosen mata kuliah pertama yang ditunggu dr pagi ternyata gak datang, mendadak ada rapat. Nisa menunggu dr jam 9 pagi sampai 2 siang :( karena jam 2 siang, ada kuliah lagii. BORED ! bawaan mau ngambek aja dehh jadinya. Tadi siang benar" berada di puncak kebosanan. Gak bisa ngapa"in, biasanya kalau ada "si putih", nisa bisa ditemenin dia menunggu dan menunggu. Benar" kehilangan "si putih" :(

Pulang dr kuliah pukul setengah 4 lewat td, muka nisa kayak ditekuk. Hati nisa mau marah" mulu. Huhu. Mana lama pula nisa dijemput adikku (iqbal) dari pintu gereja. Wuihhh, mau marah tapi gak tau siapa mau jadi sasaran. CUKUP !

Sesampai di rumah, muka ku masih ditekuk. Mama mungkin sadar kalau anak gadisnya lagi bete'. Yahh gimana mama gak tahu kalau nisa lagi bete', orang nisa pulang gak ngomong apa". Khan biasanya jerat jerit bilang "Assalammualaikum, Mama. Nisa pulang !" Ini cuma diem aja, hanya mengucap salam dlm hati -,"

Perasaan masih bawaan sebel. Mungkin dg mandi dan ashar bisa mengurangi rasa gerah. Kondisi badan memang rada lebih fresh, namun hati masih rada sebel. Tiba" ada tetangga yang menghantarkan makanan ke rumah, kebetulan tuu tetangga lagi ada acara di rumahnya. Adat Indonesia lah, kalau ada tetangga yang sedekahan, pasti tetangga yang lain keciprat makanan juga. Hehehe. Tapi bukan itu intinya, karena mama tahu nisa belum makan, namanya baru pulang kuliah. Walaupan mama suruh nisa makan kalau lagi badmood, pasti nisa ogah makan. Akhirnya mama suapin nisa makan, eittsss ternyata bukan nisa doank yang disuapin mama. Semua anak mama (aku dan adik-adikku) juga disuapin makan pakai tangan mama. Udah lama banget juga gak disuapin mama. Subhanallah mama, obat nya manjur. Benar" berkurang rasa sebel di hati. Lega. Gak sesuntuk pas pulang kuliah tadi. Alhamdulillah :) Walau rasa sebel msih ada sedikit (25 % dr 100 %), tap gpp lah. Yang penting berkurang. Terimakasih Ibunda ku syggggggg :* :* :* :*

Monday, July 19, 2010

Rahasia Dibalik Senyum Monalisa


dear blogger,
kembali lagi akhirnya nisa bisa menemukan fakta terbaru dr beberapa situs mengenai misteri senyuman monalisa. nisa copas dr situs yang nisa percaya InsyaAllah valid. hhe Check this out yya ! :)

Siapa yang tak terpesona dengan lukisan 'Mona Lisa Smile'? Sejumlah ilmuwan seni asal Prancis berhasil memecahkan sejumlah rahasia di balik pesona karya legendaris Leonardo da Vinci itu.

Para pakar dari Pusat Penelitian dan Restorasi Museum Prancis itu menemukan bahwa lukisan da Vinci dilakukan dengan teknik lapis ekstratipis. Da Vinci menerapkan 30 lapisan untuk lukisannya yang mengagumkan. Setiap lapis hanya setebal 40 mikrometer, setengah dari ketebalan rambut.

"Teknik itu disebut sfumato," kata salah satu peneliti, Philippe Walter. Teknik itulah yang membuat da Vinci berhasil menciptakan ilusi dan bayangan menakjubkan dalam lukisannya.

Tak hanya lukisan 'Mona Lisa Smile', tim juga meneliti enam lukisan karya da Vinci lainnya yang seluruhnya tersimpan di museum Louvre. Penelitian dilakukan dengan teknis X-ray fluorescence spectroscopy untuk mempelajari lapisan cat dan komposisi kimianya.

Mereka membawa peralatan berteknologi tinggi itu ke museum saat tutup dan mengamati wajah potret ', yang merupakan simbol dari Sfumato. Proyek ini dikembangkan melalui kerjasama dengan European Synchrotron Radiation Facility di Grenoble.

"Sekarang kita bisa mengetahui campuran pigmen yang digunakan da Vinci untuk setiap lapisan lukisannya," kata Walter. "Dan, itu sangat, sangat penting untuk memahami teknik ini."

Analisis dari sejumlah lukisan itu mengungkap bahwa da Vinci terus mencoba metode baru dalam setiap karyanya. Dalam 'Mona Lisa Smile', da Vinci menggunakan oksida mangan untuk menciptakan dimensi. Ia juga menggunakan tembaga, bahkan glasir.

Catatan sejarah mengungkap, 'Mona Lisa Smile' adalah lukisan Lisa Gherardini, istri Francesco del Giocondo, seorang pedagang asal Florence. Da Vinci mulai melukis itu pada tahun 1503. Giorgio Vasari, pelukis abad ke-16 dan penulis biografi da Vinci dan seniman lainnya, menulis bahwa da Vinci menyempurnakan lukisan itu selama empat tahun.

(COPAS : http://id.news.yahoo.com/viva)

Sunday, July 18, 2010

Sejarah Musik Pop


Sejarah Musik Pop Sejak 1920

- Pertama kali berkembang di Amerika Serikat tahun 1920 dengan rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison.

- Setelah Perang Dunia I berakhir (1918), amaka musik di benua Amerika lahir yang disebut dengan musik Populer. Musik ini terutama sebagai musik lantai dansa yang pada waktu itu menjadi popular sekali dan digemari oleh masyarakat seluruh dunia.


1. Musik Ragtime di Amerika Serikat (1890 – 1920)

Musik Amerika yang dipengaruhi oleh etnis Afrika-Amerika dan musik klasik Eropa.

- Mempunyai tempo / irama yang cepat dengan dominasi sinkopasi, namun ada juga yang berirama agak lamban.

- Biasanya dimainkan khusus dengan piano gaya ragtime (cincang-babi) dan para pianis dan para pencipta antara lain Scott Joplin (1868 – 1917), James Scott (1885 – 1938), dan Joseph Lamb (1887 – 1959)


2. Musik Blues di Amerika Serikat (1895)

- Lahir dari etnis Afrika – Amerika di semenanjung Delta Mississippi pada akhir abad XIX sekitar tahun 1895 dan berlangsung hingga kini

- Lahir dari kehidupan para budak yang bekerja sebagai buruh tani ras Afrika di Amerika, dimana pada saat mereka bekerja atau istirahat sore hari mereka melantunkan lagu-lagu sedih (blues) yang khas melodi ras Afrika dengan lirik-lirik budak yang tertindas pada waktu itu.

- Pada awalnya hanya dinyanyikan tanpa iringan instrument, kemudian baru mereka mempergunakan alat petik gitas sebagai iringan

- Belakangan musik blues mempengaruhi perkembangan musik jazz, country, dan rock.

- Para pemusik blues dan pencipta blues rata-rata orang hitam Amerika. W.C Handy (1873 – 1958) adalah bapak blues. Lagu Aunt Hagar’s Children dan Saint Louis Blues diterbitkan pada tahun 1914 dan 1921


3. Musik Amerika Latin (1857)

- Beberapa ciptaan pada waktu itu dengan pengaruh antara lain dari George Bizets Hababera dari Opera Carmen (1857), Scott Joplin’s Mexican Serenade, Solace (1902), Maurice Ravels, Rapsodie Espagnole (1907), dan Bolero (1928).

- Dimulai sejak dansa yang dikenal (1920). Dansa Tango menjadi salah satu ballroom dance yang terkenal pada tahun 1920 di Amerika Serikat maupun eropa, dimana lagu Tango yang bertangga nada minor dan melankolik, serta step dansa yang agresif. Setelah itu tahun 1930 dan 1940 berkembang menjadi salah satu musik yang digemari didunia dengan tokoh seperti Xavier Cugat, Peres Prado, dll. Irama yang berkembang pada waktu itu adalah Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mabo, dll.


4. Musik Country

- Sering diidentitaskan dengan musik Cowboy (penggembala sapi)

- Musik ini lahir pada rekaman permainan biola country John Carson dengan rekaman “Little Log Cabin in The Lane” oleh Okeh Records pada tahun 1923. kemudian lahir rekaman oleh Columbia pada tahun 1924 “Old Familiar Tunes”. Seperti diketahui steel guitar masuk country pada tahun 1922, dimana jimmie Tallton bertemu dengan Hawaiian guitarist Frank Ferera di Pantai Barat Amerika

- Mulai tahun 1927, selama 17 tahun Carter merekam sekitar 300 old-time ballads, lagu tradisional, lagu country, dll.

Alhamdulillah, semua baik-baik saja :)


Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah :)

semua keraguan terjawab hari ini. InsyaAllah jika Allah selalu berkenan maka semua yang tak mungkin menjadi mungkin, semua yang tertutup menjadi terbuka, dan semua yang buruk menjadi baik. makasihh buat arman sebagai tempat curhat, dan special buat piyu syg :) terimakasih banyak yya. Alhamdulillah :)

sygg DHANNISA (07 Juli 2009) :)

Aku Dilema


dear blogger,
maav kan nisa yang beberapa hari ini slalu share tentang hati nisa yang kayaknya lagi gemelut. Tapi emang itu adanya, mungkin dg sedikit berbagi mampu mengurangi keinginanku untuk berbagi dan bercerita :( dear, aku lagi bingung dg hatiku. Ya Allah, dilema tepatnya ! cintaku sedang diuji kekuatannya. Kekasih hatiku telah merasakan perubahan akan sikapku setelah hari ulang tahunku kemarin (30 juni). Jujur perasaan ku padanya sedang "FLAT alias DATAR". Nisa mulai mempertanyakan soal maknanya "pacaran". Puncaknya kemarin, dimana dia melepasku. Namun saat itu juga dia menyesal dan ingin kembali padaku. Dan hari ini adalah penentuan keputusan dariku, untuk melanjutkan atau menghentikan semua ini.

dear,
semoga hari ini nisa mengambil keputusan yang bijak sehingga tidak melukai hati siapapun. Mungkin ini terlalu sepele jika dilihat dr sudut pandang tertentu, tapi jika kita telusuri dan jalani, ini hal yang sulit. Karena ini
TENTANG HATI. Bismillahirrahmanirrahiim.

Friday, July 16, 2010

RECONSTRUCTING INDONESIA EDUCATION SYSTEM


Ini adalah teks untuk pidato ku demi mengikuti kompetisi Speech Contest.

Education in the context of efforts to reconstruct a civilization is one of the needs (service) required by the rights and obligations of every human being that must be borne by the state in order to form a society that has the understanding and ability to perform the functions of life in harmony with nature and be able to develop his life into better than any period to the next period.

In the midst of tangled yarn educational problems in Indonesia, the mapping re-deemed appropriate. Mapping can be packed for the next leader for the development of national education.

According Research and Development Board Ministry of National Education. Prof. Dr. HAR Tilaar opinion, there are eight issues that must be the concern of education. The eight problems were related to education policy, the development of Indonesian children, teachers, relevance of education, education quality, equity, education management and financing of education. This problem actually has been identified in different scales in the National Research Education (PNP) in 1969 when approximately 100 education experts from across Indonesia gathered at Cipayung. However, after more than 30 years have passed, not much changes. He gave an example regarding a child's development as one of the central point of the process of child education. Knowledge about child development Indonesia nil. Almost no research on the development of Indonesian children in psychology, anthropology, philosophy and pedagogy. Similarly associated with the policy. Society has a negative perception on education in Indonesia by byword "policy instead of changing ministers".


Many policy changes without prior evaluation. There used to be an active student learning system (CBSA), link and match, in the reform period appears half-baked concepts such as the emergence of competency-based curriculum, school-based management, lifeskill, school committees and boards of education are confusing...

Prof. Dr. Surakhmad Winarno as Education observers said, unravel the tangled threads of education needs to begin to understand the philosophy of education. Educational philosophy that later became the basis, so no problems with changes in leadership or policy.

While the government reconstruct about Indonesian education system, we as a collegean, must be able to always adapt quickly in each of any educational system provided by the government. We must always develop our own potential by learning and praying. Now the question, are you ready to compete in the present and future?

Such a speech from me. May be useful for all. Be eager to study science, because science can make perfection, and success will follow behind you.

Thursday, July 15, 2010

Subhanallah, Separuh Kebaikan Dunia Disandarkan Pada Perempuan



(copas from : www.suaramedia.com)

Agama Islam sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan kaum perempuan, dengan menyamakan mereka dengan kaum laki-laki dalam mayoritas hukum-hukum syariat, dalam kewajiban bertauhid kepada Allah, menyempurnakan keimanan, dalam pahala dan siksaan, serta keumuman anjuran dan larangan dalam Islam.

Allah Taala berfirman,

{وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا}

"Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia orang yang beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun" (QS an-Nisaa:124).

Dalam ayat lain Allah Taala berfirman,

{مَنْ عَمِلَ صَالِحاً مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (QS an-Nahl:97).

Sebagaimana Islam juga sangat memperhatikan hak-hak kaum perempuan, dan mensyariatkan hukum-hukum yang agung untuk menjaga dan melindungi mereka.

Syaikh Shaleh al-Fauzan berkata, "Wanita muslimah memiliki kedudukan (yang agung) dalam Islam, sehingga disandarkan kepadanya banyak tugas (yang mulia dalam Islam). Oleh karena itu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam selalu menyampaikan nasehat-nasehat yang khusus bagi kaum wanita[3], bahkan beliau shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan wasiat khusus tentang wanita dalam kutbah beliau di Arafah (ketika haji wada). Ini semua menunjukkan wajibnya memberikan perhatian kepada kaum wanita di setiap waktu.

Tugas dan peran penting wanita

Agungnya tugas dan peran wanita ini terlihat jelas pada kedudukannya sebagai pendidik pertama dan utama generasi muda Islam, yang dengan memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, berarti telah mengusahakan perbaikan besar bagi masyarakat dan umat Islam.

Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin berkata, "Sesungguhnya kaum wanita memiliki peran yang agung dan penting dalam upaya memperbaiki (kondisi) masyarakat, hal ini dikarenakan (upaya) memperbaiki (kondisi) masyarakat itu ditempuh dari dua sisi:

- Yang pertama: perbaikan (kondisi) di luar (rumah), yang dilakukan di pasar, mesjid dan tempat-tempat lainnya di luar (rumah). Yang perbaikan ini didominasi oleh kaum laki-laki, karena merekalah orang-orang yang beraktifitas di luar (rumah).

- Yang kedua: perbaikan di balik dinding (di dalam rumah), yang ini dilakukan di dalam rumah. Tugas (mulia) ini umumnya disandarkan kepada kaum wanita, karena merekalah pemimpin/pendidik di dalam rumah, sebagaimana firman Allah Taala kepada istri-istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

{وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى، وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآَتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ، إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا}

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu, dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya" (QS al-Ahzaab:33).

Oleh karena itu, tidak salah kalau sekiranya kita mengatakan: bahwa sesungguhnya kebaikan separuh atau bahkan lebih dari (jumlah) masyarakat disandarkan kepada kaum wanita. Hal ini dikarenakan dua hal:

1. Jumlah kaum wanita sama dengan jumlah laki-laki, bahkan lebih banyak dari laki-laki. Ini berarti umat manusia yang terbanyak adalah kaum wanita, sebagaimana yang ditunjukkan dalam hadits-hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam…Berdasarkan semua ini, maka kaum wanita memiliki peran yang sangat besar dalam memperbaiki (kondisi) masyarakat.

2. Awal mula tumbuhnya generasi baru adalah dalam asuhan para wanita, yang ini semua menunjukkan mulianya tugas kaum wanita dalam (upaya) memperbaiki masyarakat.

Makna inilah yang diungkapkan seorang penyair dalam bait syairnya:

الأم مدرسة إذا أعددتَها

أعددتَ شَعْباً طَيِّبَ الأعراق

Ibu adalah sebuah madrasah (tempat pendidikan) yang jika kamu menyiapkannya.

Berarti kamu menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya.

FOLDER TENTANG KULIAH HILANG. KLOP ! T.T


semua folder yang berisi arsip kuliah nisa hilangggggggg !!! nisa udh backup di 2 flashdisk, tapi pas dibuka, gag ada sama sekali T.T arsip itu lebih penting dr apapun, dr semua aplikasi di laptop nisa. Ya Allah, susah nyan yyo mau IKHLAS itu ? semua dari NOL lagi :( T.T

Makasih Untuk Hari Ini, Akhil :)


----------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin. Alhamdulillah itu terjadi. Hari ini emang jauh lebih baik dibanding hari kemarin :)
-------------------------------------------------------------------------------------------------

dear blogger,
hari ini cuaca di luar mendukungku untuk mau keluar rumah. CERAH nan PANAS ! hwaaa- laptop nisa rusak, jadi hari ini rencananya mau benerin nii laptop, jadi sementara "si putih" lagi diservice, nisa pinjem laptop adikku dulu buat kerjain tugas, blogging dan networking lah ^ ,^

hari ini ke toko komputer sama anak pyp, mampir bentar dehh. seruuuu sama tuu anak. jahil nan nyebelin. hoho :p sesampai di toko komputer, ternyata kata "kakak pekerja" di sana, laptop nisa dalam keadaan kritis. jadi perlu segera dioperasi (nahhh lohh, kayak berobat ke dokter. hhe) tapi gkpp, demi "si putih" yang selalu menemani nisa di kala suka maupun duka, gkpp nisa kehilangan dia untuk sementara waktu. pasti kangen banget yya sama "sii putih", sekarang aja udh kangen :( semua folder mana lupa ngeback-up, hilang ntar :(

udah dr toko komputer, jalan deh ama anak pyp ke PS. mampir ke Gramedia Book Store. awalnya mau cari novel SHEILA, nisa pengen koleksi. tapi yang ada cuma sekuel yang kedua, yang pertamanya udh gak ada lagi. nisa udh baca sekuel yang pertama, tapi yaa namanya mau koleksi, gimana coba ? tapi ttp gak ada -,-

arman jahillllll ! huhu :p dr dikarantina ampe ketemu tadi nyebelin banget. dosa besar dia sama nisa. haha :p gak nyangka kalau dia ternyata ada fair sm salah satu anak pyp dan temen sekampusnya sendiri di bina darma (inisial A.A - bidar). cieeeee-cieeeeee. ngegosip dahhhh ! habisnya dia juga suka buat gosip yang ngelantur soal nisa ! huhu :p jadi kena getahnya dee tuu anak. semangat yya buat ngegaet doi, man. hihi :DD (only gosip yang hanya dikonsumsi oleh anak pyp 2010) mana dia sama abang wahyu minta tolong buatin laporan kegiatan PYP 2010. nisa gak mau !!!! SIBUK. haha (sokk dehh*. sibuk tidur maksudnya :DD)

makasihh udah buat nisa tertawa hari ini. makasih buat semuanya. seenggaknya hari ini jauh lebih baik dr hari kemarin. setiap hari ntah baik atau buruk harus selalu bersyukur. tanpa syukur, alangkah angkuhnya kita sebagai hamba Allah :) Alhamdulillah, Allah telah melampiaskan kerinduanku hari ini ! :)

Wednesday, July 14, 2010

-UNTITLED-


manusia mampu merasa namun tak mampu mengungkapkan . Itu terkadang ! Manusia menerka namun tak mampu menilai kebenarannya . Itu terkadang ! Manusia pnya hati namun menerkam satu sama lain . Itu terkadang !

Manusia bergejolak tanpa daya . Ketika pincang tak ada yg mengindahkan . Digelut rasa rendahan yg tak mampu berkata-kata lagi .

Manusia punya cinta dan asa . Namun serakah memilikinya . Lagilagi itu terkadang . Ketika semua 'kekadangan' itu mengganggu, apalah lg artinya sebuah solidaritas .

Manusia menangis tanpa air mata, sudah terlewat rapuh . Merindukan sosok yg blum tentu merindui diri kita .

Nestapa hanya menerjang jauh saat kebijaksanaan kelam . Ketika cinta datang, semua menusuk kalbu memanggil nama cinta itu . Mengatasnamakan cinta, aku tenggelam .

PERPADUAN KALBU YANG ANEH !

Gundah Bertanya Ke Hati ?


dear blogger,
sekarang pukul 19.15 WIB (jam dr laptopku). nisa gundah ! gak jelas kenapa, ada apa dan mengapa ? kayak menyimpan sejuta masalah padahal sebenarnya mungkin gak ada. mungkin kebawa perasaan aja gara" di kampus tadi. tapi kok malah berkepanjangan nii gejolak ? hhu :(

nisa pengen cari tempat lapang buat teriak. teriak sekencang"nya ! nisa bener" pengen sendiri, gak ada yang ganggu. semua hiburan gak berlaku kayaknya untuk malam ini. hhu. dear, gak enak yya kalau kita ngembekkan tapi gak jelas kenapa. ada yang ganggu di pikiran dan hati. SIAL ! pertanda gak bagus nii. Astaghfirullah Astaghfirullah Astaghfirullah :(

i'm lonely more . don't need everyone in my side tonight !

Segelas susu coklat hangat di Rabu pagi :)



dear blogger,
hari ini Rabu pagi. Sebelum memulai rutinitas nisa (red. kuliah), pagi" mama dan pacar nisa sudah ingetind sarapan ! sarapan ! sarapan ! Nisa maless banget makan nasi pagi" gini buat sarapan (untuk hari ini aja. hhe) Nisa buat dehh segelas susu coklat hangat kesukaan nisa. Hmmm.. FRESH ! Hangat banget pikiran dan badan nisa. I LOVE CHOCOLATE MILK :) hhe

Tuesday, July 13, 2010

Get well soon, Tahnia :)


Pedear blogger,
nisa punya sahabat, awalnya sekedar teman biasa. Namanya Tahnia, tp nisa panggil dia "bund". Hhe. Dari SD ampe kuliah kami selalu bersama. Tapi nisa akrab sama dia pas duduk di bangku SMP. Pas SMP dia rada tomboy, pas SMA dia pakai jilbab sama kayak nisa :)

Pagi tadi, nisa buka FB. Gak sengaja ngebaca status bund yang pagi" udah disuruh suster mandi. Heran donk nisa, kenapa nii anak ? Comment langsung nisa. Jiahhh, benar ternyata dia diopname di rumah sakit. Malah pacarnya (kak tyo) yg kasih tahu dimana dia diopname. Di rumah sakit Pertamina. Alhamdulillah untung dekat dg rumah nisa. Hehe :p

Awalnya kesel sm tania, kok nisa gg dikabarin kalau dia diopname. Udah dua malam, baru tahu hari ini. Lewat FB pula, pacarnya juga pula yang kabarin. Taniaaaaaa. huhu :( Habis pulang kuliah, janjian deh sm teman" SMA buat besuk tania. Sore itu mana hujan pula. Kehujanan sedikit nisa. Jam 5.20 sore baru sampai rumah sakit, habis kami beli makanan dulu buat tania.

Sesampai di rumah sakit, ternyata banyak banget teman kuliah tania. Nisa datang sama eka, lala, iin dan priska (semua teman SD, SMP, SMA). Reunian juga gitu ! Hehe :p Ahhh tania, coba langsung pulang aja dr rumah sakit, seger buger gitu tuu badan. Ketawa dan candaan mulu tuu anak. Tapi seneng nisa bisa lihat tania (teman bareng kuliah ku juga) tertawa riang :DD

Habis dr rumah sakit, nisa dan teman" tadi cari makan malam dulu sekalian ngobrol" sm mereka. Pacar nisa khawatir tuu, habis maghrib nisa belum pulang kerumah. Tapi udah ngomong tadinya kalau mau besuk tania. Yaahh tapi yang namanya pacar, pasti khawatiran (maav yya sayang. hehe) Perut udah gak keroncongan lagi, kami berpisah dan pulang ke rumah masing". Nisa dianter pulang sm priska, yang emang deketan rumahnya.

Terimakasih teman"ku, and for you my lovely sista (tania) - cepet sembuh yya :)

Monday, July 12, 2010

Damainya Nasyid di Pagi Hari :)



Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah ... Segala puji bagi Allah Yang penuh kasih dan cinta untuk semua hambaNya :)

As usual, i wake up every morning ! Kewajiban sholat shubuh ditunaikan. Pagi" mama hidupin radio - channel lagu nasyid. Mama juga lagi buat sarapan :) Ya Allah, damai bener rasanya pagi ini. Nisa senyum" sendiri sekarang. Ingin sekali rasanya damai di hati karena Rindu Allah selalu terjaga seperti ini. Nasyid memang memberikan kekuatan yya :) Molekul air aja berubah jadi amat sgt bagus ketika mendengar lagu rohani - nasyid, apalagi hati. Seperti yang disampaikan dalam buku THE TRUE POWER OF WATER. Lagu rohani mengalahkan kekuatan musik klasik. Tapi nisa suka keduanya :) Alhamdulillah, makasih nikmat Allah pagi ini :)

Siang kelabu - Hari Senin ini . . .


dear blogger,
hari ini Senin - hari yang penuh rasa. Campur aduk ! Nisa awali hari ini dengan baik, namun di siang harinya nisa dapet kabar yang mengejutkan. Ada salah satu anggota keluarga jauh dari papa yang meninggal dunia. Innalillahi wainnaillahi raji'un. Jujur nisa tahu orangnya, namun nisa tak terlalu ingat pada almarhumah. Mama nangis, shock banget nisa ! Mana gak ada papa di rumah, karena berada di luar kota. Nisa jadi panik lihat mama gitu. Huhu

Bergegas mandi dan pergi langsung menuju rumah duka. OMG ! Gak ada satupun yang nisa kenal disitu, kecuali mama. Nisa hanya bisa terdiam. Jenazah belum sampai di rumah duka, karena masih dlm perjalanan dr Jakarta. Nisa disuruh mama tunggu di kamar anak"nya. Gimana gak sesak hati nisa di kamar itu, anak" nya yg seumuran nisa menangis tersedu". Sedihhh banget :(

Akhirnya nisa di kamar itu sendirian, sepi banget tuu kamar dibanding beberapa menit lalu yg rame akan penghuni rumah. Di kamar itu nisa hanya bisa merenung melihat seisi kamar itu. Nisa alihkan pandangan nisa di dinding kamar yang penuh foto" keluarga mereka. Ada foto besar almarhumah tertempel di dinding dan lemari pakaian. Tanpa sengaja nisa meneteskan air mata nisa setelah melihat foto almarhumah. Nisa bisa merasakan apa yg dirasakan anak" almarhumah, ketika mama mereka telah pergi meninggal dunia. Nisa merasa ketakutan saat itu, kesepian, KALUT ! Pikiran dan hati kemana". Nisa belum tentu mampu sekuat mereka yang mungkin mampu menahan rasanya "KEHILANGAN" sosok terspesial di dunia, MAMA.

Hujan pula saat itu, DINGIN. Ditambah lagi kamar itu ber-AC. Nisa benar" gak bisa ngapa"in. Handphone habis baterai. Hampir setengah jam lebih nisa di kamar itu menahan tangis, nisa pengen luapin semuanya. Nisa bingung, kemana kaki akan melangkah. Tak ada yang nisa kenal disini. Nisa takut. Nisa trauma akan KEHILANGAN. Karena bagi nisa, KEHILANGAN adalah hal yang paling dan amat sangat nisa takuti. Nisa gak berani keluar kamar itu. Nisa meneteskan mata ketika nisa ingat MAMA nisa. MAMA MAMA MAMA dan hanya MAMA ! Nisa anak paling manja sama mama :( Mama sahabat terbaik nisa, mama yang menjadi tempat curhatku soal KISAH CINTA , PENDIDIKAN, dan apapun itu tentang nisa.

Akhirnya nisa keluar dari kamar itu. Mungkin mama mengerti apa yang aku rasakan saat itu. Sehingga mama mengajakku pulang untuk istirahat di rumah. Terimakasih mama. Engkau begitu pengertian. Nisa paling gak bisa ke tempat rumah duka. Siapapun mereka ! Nisa gak bisa melihat orang lain meringis karena kehilangan. TRAUMA ! :(


Aku "Vidies" (Pecinta Vidi Aldiano)


"Kini terasa sungguh semakin engkau jauh, semakin terasa dekat. Akan kukembangkan kasih yang engkau tanam di dalam hatiku ..."

dear blogger,
Have you listened this lyrics ? Lagu ini in banget lohhh. Penyanyinya OK ! Suaranya ngademin hati, gayanya tampil apa adanya, orangnya lucu, dan satu lagi, MANIS BANGET ! Namanya Vidi Aldiano. Nisa pernah ketemu dia, waktu itu dia manggung di Gedung Patra Ogan Plaju. Dia datang ke Palembang. Habis nisa balik dari English Course di LIA jam 21.00 WIB, nisa langsung dijemput papa buat nonton vidi manggung. Kebetulan banget udah ada mama ku duluan di sana. Jadi dibolehin nonton dehh, lagipula tempat dia manggung deket banget dg rumahku. 5 Menit nyampe kalau berkendaraan. Hehe :p

Nisa mulai suka sama vidi pada saat single pertamanya keluar, NUANSA BENING. gak tau kalau denger tuu lagu nisa ngerasa ada dimana gitu. Adem bener dahh ! :) Nisa jadi suka sama NUANSA BENING di alam, yaitu pada saat mendung, dimana angin bertiup cukup kencang, udara gak panas dan gak dingin. Pokoknya susah kalau mau dijelasin, tapi kalau kamu teman baik nisa, pasti kamu bakalan tahu mana sihh yg namanya "nuansa bening" ala nisa. Hehe



Nisa shared nii video yya dari www.youtube.com . Ini video vidi sama Stradivaryan. Keren banget suara vidi pas nyanyiin lagu Jason Mraz-Make it Mine >,<

Lirik Make it Mine - Jason Mraz

Wake up everyone
How can you sleep at a time like this
Unless the dreamer is the real you

Listen to your voice
The one that tells you
To taste past the tip of your tongue
Leap in, the net will appear

I don't wanna wake before
The dream is over
I'm gonna make it mine
Yes I, I know it

I'm gonna make it mine
Yes I'll make it all mine

I keep my life on a heavy rotation
Requesting that it's lifting you up, up, up and away
And over to a table at the Gratitude Cafe

And I am finally there
And all the angels they'll be singing
Ah la la la, ah la la la
I la la la la love you

I don't wanna break before
The tour is over
I'm gonna make it mine
Yes I, I'll own it

I'm gonna make it mine
Yes I'll make it all mine

And timing's everything
And this time there's plenty
I am balancing
Careful and steady
And reveling in energy that everyone's emitting

Well I don't wanna wait no more
Oh I wanna celebrate the whole world
I'm gonna make it mine
Oh yes I'm following your joy

I'm gonna make it mine
Because I, I am open
I'm gonna make it mine
That's why, I will show it

I'm gonna make it mine
Gonna make it mine
Oh mine
Yes I'll make it all mine
---

Walk Story

Pengikut

Precious Award

Precious Award

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez